PERSPEKTIF BALANCE SCORECARD TERHADAP KINERJA PERUMDA AIR MINUM BAYUANGGA KOTA PROBOLINGGO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini melakukan pengujian menggunakan data Time series dalam Pengukuran
kinerja Balance Scorecard dengan menganalisis Perspektif Keuangan, Perspektif
Pelanggan, Perspektif Bisnis Internal, Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran
terhadap Kinerja Perusahaan dari tahun 2018-2021. Sehingga dapat diperoleh nilai
Kinerja yang dikatakan “baik” jika penilaian di atas 50% dan “tidak baik” jika
perhitungan di bawah 50% dari keempat perspektif tersebut. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa dari keempat perspektif terdapat penilaian yang tidak baik, pada
perhitungan keuangan yang terjadi – 3,95% ditahun 2020 dan – 2,81% di tahun 2021.
Hal ini penyebab kerugian bagi perusahaan akibat kebocoran pipa induk di Sumber Mata air
Ronggojalu yang merupakan sarana penghubung ke semua pipa pelanggan Perumda Air
Minum Bayuangga kota Probolinggo.
Keyword : Pengukuram Kinerja, Balance scorecard
Rincian Artikel
Bagian
Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Kaplan, Robert S dan David P Norton, 2000.
Balance Scorecard: Menerapkan Strategi
Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.
Kaplan, Robert S dan David P Norton, 1996.
Balance Scorecard: translating into Action.
Harvard Bussines Shcoll Press. Peter R. Yosi
Pasla, M.B.A. (penterjemah). (2000). Balance
Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi Aksi.
Jakarta: Erlangga.
Mahmudi.2005. Managemen Kinerja sektor
Publik. Yokyakarta: UPP Amp YKPN.
Mahsun, Mohammad. 2009. Pengukuran
Kinerja sektor Publik (3th ed). Yokyakarta:
BPFE.
Mulyadi, 2001. Balance Scorecard Alat
Managemen Kontemporer untuk
Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan:
Edisi kedua, Cetakan Pertama, Jakarta.
Martono, Nanang. 2001. Penelitian Kuantitatif
Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (2nd
ed). Jakarta: PT. Raja Persindo Persada.
Moloeng, Lexy, Prof. Dr., MA. 2000. Metode
penelitian. Kuantitatif. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Wilson, James D. Dan John B. Campbell.
Controllership: Tugas Akuntan
Managemen. Jakarta: Erlangga.
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini melakukan pengujian menggunakan data Time series dalam Pengukuran
kinerja Balance Scorecard dengan menganalisis Perspektif Keuangan, Perspektif
Pelanggan, Perspektif Bisnis Internal, Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran
terhadap Kinerja Perusahaan dari tahun 2018-2021. Sehingga dapat diperoleh nilai
Kinerja yang dikatakan “baik” jika penilaian di atas 50% dan “tidak baik” jika
perhitungan di bawah 50% dari keempat perspektif tersebut. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa dari keempat perspektif terdapat penilaian yang tidak baik, pada
perhitungan keuangan yang terjadi – 3,95% ditahun 2020 dan – 2,81% di tahun 2021.
Hal ini penyebab kerugian bagi perusahaan akibat kebocoran pipa induk di Sumber Mata air
Ronggojalu yang merupakan sarana penghubung ke semua pipa pelanggan Perumda Air
Minum Bayuangga kota Probolinggo.
Keyword : Pengukuram Kinerja, Balance scorecard
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Kaplan, Robert S dan David P Norton, 2000.
Balance Scorecard: Menerapkan Strategi
Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.
Kaplan, Robert S dan David P Norton, 1996.
Balance Scorecard: translating into Action.
Harvard Bussines Shcoll Press. Peter R. Yosi
Pasla, M.B.A. (penterjemah). (2000). Balance
Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi Aksi.
Jakarta: Erlangga.
Mahmudi.2005. Managemen Kinerja sektor
Publik. Yokyakarta: UPP Amp YKPN.
Mahsun, Mohammad. 2009. Pengukuran
Kinerja sektor Publik (3th ed). Yokyakarta:
BPFE.
Mulyadi, 2001. Balance Scorecard Alat
Managemen Kontemporer untuk
Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan:
Edisi kedua, Cetakan Pertama, Jakarta.
Martono, Nanang. 2001. Penelitian Kuantitatif
Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (2nd
ed). Jakarta: PT. Raja Persindo Persada.
Moloeng, Lexy, Prof. Dr., MA. 2000. Metode
penelitian. Kuantitatif. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Wilson, James D. Dan John B. Campbell.
Controllership: Tugas Akuntan
Managemen. Jakarta: Erlangga.